• Home
  • About
  • Gaya Hidup
    • Minimalism
    • Quarter Life Crisist
    • Relationship
  • Advertise
facebook twitter instagram Email

haiulya



3 Ide Usaha Sampingan Bagi Mahasiswa - Menjadi mahasiswa adalah momen yang paling penting dalam hidup. Banyak hal baru yang bisa didapatkan dengan cara menjadi mahasiswa. Banyak pula pengalaman baru yang didapatkan. Ini benar adanya lho, no tipu tipu. Nyatanya sampai sekarang aku masih betah menjadi mahasiswa (please bagian ini jangan ditiru).

Meskipun begitu, bukan berarti dengan tak menjadi mahasiswa akan ketinggalan zaman dan tertinggal dari yang lain? Jelas tidak. Banyak sekali pengalaman non akademis lainnya yang bisa didapatkan di luar bangku perkuliahan. 

Banyak sekali alasan kenapa tidak kuliah dan begitu pula banyak sekali alasan kenapa harus kuliah. Keduanya beda tipis dan dipengaruhi oleh latar belakang keluarga dan masyarakat masing-masing. Namun, mayoritas masyarakat di Indonesia memiliki kecenderungan tak melanjutkan pendidikan karena alasan finansial.

Alasan klasik namun benar adanya. Meski dikatakan murah, bersubsidi, banyak beasiswa, nyatanya tetap harus merogoh kocek cukup dalam. Setidaknya untuk membuka jalan meskipun nantinya akan digantikan dengan uang beasiswa yang cairnya menunggu panas terik berkepanjangan.

Oleh sebab inilah, banyak yang memilih langsung bekerja setelah lulus SMA. Mengumpulkan uang sendiri untuk biaya kuliahnya atau untuk hal lainnya.


Bagaimana dengan mahasiswa? Tak bisakah ikut bekerja?


Tentu saja bisa, malah bisa banget. Jaman sekarang tak ada lagi istilah mana mungkin?, masa sih? Atau emang bisa?. Semuanya bisa dipatahkan jika kamu memang punya semangat baja untuk memulai usaha.

Baca juga : Berawal Dari Satu Titik

Sebagai mahasiswa, waktu belajar yang dimiliki tentu lebih fleksibel dibandingkan saat masih sekolah. Waktu senggang yang dimiliki inilah aset terbesar mahasiswa yang perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk apa? Yap, memulai usaha. Usaha apa? Aku ngga bakat jualan, ngga punya modal juga.

Hei hei..  Jangan galau deh.  Simak deh beberapa ide yang aku miliki berikut ini:

1. Membuka Online Shop

Ide pertama ini sebenarnya bisa juga dilakukan oleh siapapun. Asal memiliki niat dan tekad yang kuat untuk membuk usaha, silakan dan tentu boleh saja. Usaha simpel bermodal smartphone ini adalah ladang uang menjanjikan bagi yang siap menekuni. Manfaatkan jaringan pertemanan yang kamu miliki untuk memulainya.

2. Membuka Jasa Ketik Tugas

Dunia perkuliahan tentu tak lepas dari tugas. Meski agak ilegal, jasa ini cukup banyak dicari. Dulu aku sendiri pernah membuka jasa Ketik Online dan responnya cukup baik. Namun karena kendala tenaga, maka terpaksa aku hentikan dan beralih ke bidang yang lain.

Usaha dengan modal smartphone dan laptop ini cukup bagus, lho. Kamu bisa menggandenga teman-teman dari berbagai bidang untuk menjadi partnermu dalam menyelesaikan job klien. Atau cukup lakukan sendiri saja dulu, pasti bisa! Tinggal ketik apa susahnya?, yha kan??!

3. Membuka Katering Makan Anak Kos

Nah, ini dia. Ide ini benar-benar ide fresh yang baru muncul saat aku buat artikel ini.

Usaha ini cocok untuk kamu yang tinggal di kos dengan fasilitas cukup lengkap seperti dapur dan kulkas. Sistemnya, kamu tak perlu menyediakan banyak menu. Cukup share ke teman kosmu bahwa esok atau lusa kamu akan memasak makanan tertentu, misalnya sayur asam, opor ayam atau semur ikan. Tawarkan pada mereka bahwa kamu menerima pesanan dengan menu tersebut.

Baca ini juga ya : Cerita Tentang Cita-cita

Jangan lupa kompori mereka bahwa masakanmu lebih enak, lebih higienis dan lebih murah dibandingkan masakan warung. Menu yang kamu buatpun bisa diubah sesuka hatimu setiap harinya. Jika ada yang pesan banyak, maka masaknya banyak. Jika yang pesan sedikit, cukup disesuaikan saja. Mudah, bukan?

Nah, itu tadi beberapa ide usaha sampingan dariku. Semoga bermanfaat, ya!
Happy blogging!







Share
Tweet
Pin
Share
53 komentar

Disclaimer : Tulisan ini udah delay lama banget, sejak event pertama kali ngumpul. Kalah niat diiringi sama beberapa aktivitas nggak penting yang lain, dan baru kali ini berhasil muncul di blog. Telat nggak papa, daripada nggak sama sekali *beladiri*. Dan akhirnya tulisan ini ditulis seminggu setelah event ngumpul ketiga bareng Anak #TwitterJepara. 

Anak #TwitterJepara Ngumpul Lagi - Beberapa bulan lalu sempat ramai anak twitter di seluruh penjuru negeri pada ngumpul di dunia nyata alias kopdar. Mereka menggunakan #AnakTwitterHarapNgumpul untuk meramaikan. Dan Anak #TwitterJepara nggak mau kalah dengan yang lainnya dong. Harus dan merasa perlu turut meramaikan. 

Di Jepara, yang menurutku pengguna twitternya hanya sedikit, ternyata SALAH BESAR. Saat  agenda acara ngumpul dihare ke twitter, responnya cukup banyak. Bahkan aku cukup kaget, ternyata wong Njeporo o gaul ya, nganggone twitter. 

Sampai sekarang, Anak #TwitterJepara udah mengadakan tiga kali acara Ngumpul Bareng. Dan pastinya akan lebih banyak lagi agenda lainnya ke depan. Berikut rangkuman event Ngumpul kita selama ini.

Event Pertama

Pertama kali Anak #TwitterJepara Ngumpul saat #AnakTwitterHarapNgumpul masih hangat-hangatnya. Perasaan baru kemaren banget tapi saat aku lihat kembali ternyata acaranya sudah 5 bulan yang lalu, Juli. Nggak kerasa banget.


Waktu itu kita ngumpul di Djago Resto & Cafe. Terkesan berkelas memang buat kaum missqueen kaya kita. Sempat ada yang merasa keberatan, termasuk aku yang nggak biasa datang ke tempat hits kaya gitu *haha*. Tapi it's ok. Prinsipnya kita ngumpul, nggak harus makan. Meskipun tempatnya di kafe, kita tetap mengedepankan keasikan. Makan nggak makan yang penting kumpul. Pesan masing-masing, bayar masing-masing. Pilihan tempat di tengah kota cukup baik untuk akses dari arah manapun. Tidak jauh dan tidak terlalu dekat kecuali yang rumahnya di kota.

Acaranya cukup seru, ada sekitar 20 orang yang hadir. Karena masih awal, kita lebih banyak perkenalan dan kepo dengan akun masing-masing. Selanjutnya, kita bersua di grup whatsapp yang sudah disiapkan. Berikut beberapa foto kala itu yang dibagikan beberapa teman di media sosial.


View this post on Instagram



A post shared by Travell⭕man (@negabod) on Jul 22, 2018 at 11:34pm PDT



Event kedua

Oh ya, ada yang terlewat. Saat di Djago Resto kita sempat membahas pertemuan selanjutnya. Maklum lah, komunitas baru yang masih hangat-hangatnya. Bawaannya pengen ngumpul terus, ya nggak sih?.  Selain nggak ada yang dibahas juga sih sebenarnya.

Pasca itu, kita masih bahas lagi di grup WA Satu persatu anggota nambah dan kian hari makin ramai. Makin semangat buat kopdar lagi. Yuhuuu


Daaan... Akhirnya kita kopdar lagi dong. Sesuai jadwal banget. Satu bulan setelah event Ngumpul pertama. Kali ini agak melipir ke tepi pantai, tetap di kafe kok, tapi di tepi pantai. Kita ambil hari Minggu karena satu-satunya tanggal merah dalam satu minggu. Meskipun dengan konsekuensi tempat yang bakalan ramai banget. Apalagi di sore hari.

Let it flow, nggak perlu mikirin itu. Tujuan kita cuma satu, Ngumpul. Dan jangan lupa juga, ngumpulnya kita punya banyak nilai plus. Termasuk yang dibawah ini:


Sejauh ini, setiap ngumpul kita ngga mau serius serius banget kaya DPR lah. Niat ngumpul ketemu teman dunia maya aja. Nggak usah dilebih-lebihin. Jadi kalo ada yang nanya kita bakalan ngapain disana?, jawab aja : NGUMPUL.

Event ketiga

Nah, ini yang masih segar di ingatan, tapi agak lupa sih. Setelah tiga bulan hiatus dan nggak ada pergerakan, akhirnya kita ngumpul lagi. Setelah disodok (baca : didesak) ngalor ngidul baik di grup WA maupun twitter oleh beberapa oknum yang suka kangen ngumpul, akhirnya tercetuslah sebuah kesepakatan yang waktu itu sebenarnya masih ragu untuk ditetapkan. Kita ngumpul lagi di hari dan tanggal sekian (cek gambar).


Selain itu, mendekati hari H ngumpul ada twit dari akun twitterJeparaHariIni yang agak nyambung nih sama suasananya. Pas dong, langsung tebar tebar jaring dan makin banyak yang tertarik masuk grup. Baiqlaaa.... Bakalan makin rame nih kayaknya.

Selamat malam kawan, masih ada yang make Twitter?
— Jepara Hari Ini (@JeparaHariIni) 27 November 2018



Daan yeeeeeay, akhirnya ngumpul lagi. Tempatnya masih sama seperti sebelumnya. Ya gimana ya, abis tempatnya enak sih. Deket banget sama pantai. Apalagi ada yang kaya gini, kan bonus banget buat yang suka.


Apa Saja Yang Dibahas?

Yawlaaa, aku suka bingung kalo ditanya kaya gini. Seperti yang aku tulis di atas, tujuan utama kita ke lokasi adalah Ngumpul. Soal materi, BEBAS. Mau nanya akun masing-masing, boleh. Mau bagi-bagi duit, boleh. Mau tebar pesona, boleh banget. Mau bagi undangan, emm... jangan dulu. Aku duluan kalo yang ini.

Jadi, nggak ada alasan lagi buat malu-malu Ngumpul sama Anak #TwitterJepara ya. Aku bilang gini ya karena banyak yang nggak jadi ikutan ngumpul karena merasa nggak kenal atau malu buat nyapa duluan. Kita ini sama-sama kaum missqueen dari peradaban twitter kok, open banget sama siapapun. (Pencitraan banget ini sih)

Masa Cuma Ngumpul Aja, Mbak?

Sebenarnya sih nggak juga, kita yakin potensi kita besar untuk ke depan. Tapi apapun itu, enaknya kita mulai dulu dengan Ngumpul Asik biar saling kenal. Bukan tak mungkin suatu saat kita bisa bermanfaat bagi khalayak. Aamiin. Nah, bagi yang berminat masuk grup bisa tuliskan komentar di bawah atau japri aku di twitter @haiulya. Atau bisa langsung chat WA di nomor yang ada di bio blog ini dengan password #TwitterJepara. 
Yuk Ngumpul Bareng!, Twitteran mulu, nggak pengen ketemu langsung apah?!

Terimakasih, sekian dulu cerita tentang Ngumpulnya Anak #TwitterJepara. Tunggu ceritaku tentang Anak #TwitterJepara Ngumpul Lagi  selanjutnya ya. Happy Blogging!


   
Share
Tweet
Pin
Share
32 komentar


Yuhuuu, akhirnya pengen nulis lagi. Ya, aku nulis pas pengen aja. Gak mau dipaksa-paksa, jadi jangan kaget kalo sewaktu-waktu aku jadi rajin nulis. Haha

Beberapa hari ini aku lagi banyakin merenung. Nggak jelas banget ini sih, asli. Rasanya banyal kerjaan banget padahal nggak. 

Coba deh, kalo dirinci dengan benar kegiatanku cuma gitu-gitu aja; ngajar les dan main sosmed. Tapi kok aku ngerasanya sibik banget. What's wrong with me? 

It's ok. Sampai di titik ini aku merasa bersyukur sekali bisa sadar dan nggak nambah waktu lagi buat merenung tanpa kepastian. Akhirnya aku putuskan buat memulai rentetan kegiatan dari satu titik lubang. 

Lubang yang aku maksud adalah lubang gigi. Yes, gigiku berlubang. Hampir habis dan serem banget lihatnya. Mau nggak mau harus dicabut dan kalo mau nanti bisa dibuatkan gigi palsu. 

Aku pilih memulai dari sini karena aku TRAUMA sama sakit gigi banget. Dan fyi, aku mulai sadar bahwa mulai saat ini hingga beberapa waktu ke depan yang tak bisa ditentukan, aku akan punya banyak kegiatan aka. sibuk. Bulan depan, mau kkn dan tahun depan harus ngejar wisuda. 

Satu titik yang kelihatan kecil banget ini, aku yakin suatu saat bakal minta jatahnya buat diperhatiin. Apalagi udah musim hujan kaya gini, rawan banget kambuh karena suhu dingin. Ampun banget nggak mau lagi deh. Amit-amit. 

Daan, sebelum beneran minta jatahnya, aku siap-siap dulu buar cabut itu lubang sampai ke akar-akarnya. Biar lancar segala urusanku ke depannya gitu deh. 

Setiap orang sepertinya punya titik tertentu yang bisa banget bikin drop. Ada yang masalah tulang, otot atau lainnya. Kalau aku biasanya migrain dan sakit gigi yang alhamdulillah keduanya udah akur sama badan. 

Dulu, aku nggak peduli banget sama badanku. Sejalannya aja, nggak mikir sakit kemudian atau pusing kemudian. Meskipun pada akhirnya aku juga ngerasa salah karena nggak perhatian sama diri sendiri. Menyesal kemudian saat sudah sakit. 

Saat ini, dengan keadaan gusi yang masih belum pulih dan gigi yang masih perlu perawatan, aku semakin sadar bahwa kesehatan perlu sekali untuk diperhatikan. Beruntung sekali kalian yang hidup di lingkungan sadar kebersihan, kalian patut bersyukur. 

Jujur saja, di usia yang harusnya sudah bisa menabung untuk masa depan seperti saat ini. Aku masih kesulitan mengatur keuangan. Aku sering sakit dan dokter langgananku adalah yang terbilang cukup mahal. Ya gimana, cocoknya disitu. Kalo di tempat lain nggak mau sembuh, kalo di situ baru daftar aja rasanya udah enakan. Sayang banget tuh duit sebenarnya, tapi gimana lagi dong kalo namanya butuh kan nggak bisa dihadang juga. 

Dari itu, jadi mikir : kalo misalnya aku sehat dan cukup ke dokter buat check up aja pasti nggak sedrama ini. Tapi alhamdulillah masih bisa bersyukur karena setiap ada keluhan juga saat ada uang. 


Yah, jadi ngelantur. Selamat ngeblog! 
Share
Tweet
Pin
Share
39 komentar
Newer Posts
Older Posts

About me

Selamat datang di blog Hai Ulya

Follow Me

  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • pinterest
  • youtube


recent posts

Blog Archive

  • ►  2021 (2)
    • ►  April 2021 (1)
    • ►  Maret 2021 (1)
  • ►  2020 (3)
    • ►  November 2020 (1)
    • ►  September 2020 (1)
    • ►  Maret 2020 (1)
  • ►  2019 (21)
    • ►  Agustus 2019 (1)
    • ►  Juli 2019 (4)
    • ►  Juni 2019 (1)
    • ►  Mei 2019 (2)
    • ►  April 2019 (2)
    • ►  Maret 2019 (5)
    • ►  Februari 2019 (2)
    • ►  Januari 2019 (4)
  • ▼  2018 (26)
    • ▼  Desember 2018 (3)
      • 3 Ide Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa
      • Anak #TwitterJepara Ngumpul Lagi
      • Berawal Dari Satu Titik
    • ►  November 2018 (4)
    • ►  Oktober 2018 (2)
    • ►  September 2018 (3)
    • ►  Agustus 2018 (4)
    • ►  Juli 2018 (5)
    • ►  Juni 2018 (3)
    • ►  April 2018 (2)
  • ►  2017 (13)
    • ►  Desember 2017 (1)
    • ►  November 2017 (3)
    • ►  Oktober 2017 (3)
    • ►  September 2017 (3)
    • ►  Agustus 2017 (1)
    • ►  Juli 2017 (2)
  • ►  2016 (17)
    • ►  Desember 2016 (1)
    • ►  November 2016 (1)
    • ►  September 2016 (3)
    • ►  Agustus 2016 (2)
    • ►  Mei 2016 (8)
    • ►  April 2016 (2)

Categories

Advertorial Banking Beauty Belanja Blogging Curhat Dunia Kerja Event Fashion Gawai Gerakan Pungut sampah Goods Jalan-jalan Kesehatan Komunitas Kuliner Lomba Mahasiswa Minimalism Indonesia Musik None ODOP Opini Pribadi Otomotif Parenting Pernikahan Quarter Life Crisis Relationship Sosial Media Tips Tradisional Viral

Created with by ThemeXpose | Distributed by Blogger Templates